Berikut beberapa format iklan yang ditampilkan dalam SERP.
- Text ads, adalah iklan yang berisi Title yang berupa link dan deskripsi singkat. Deskripsi yang ditampilkan harus menarik perhatian pengguna search engine dan menjelaskan apa yang akan mereka temukan ketika link tersebut di click.
- Shopping ads, khusus untuk bisnis e-commerce. Akan menampilkan produk-produk yang sesuai dengan keyword search. Produk yang ditampilkan bisa dari berbagai perusahaan. Tipe iklan ini berbeda dari Text ads karena menampilkan foto produk.
- Local service ads, spesifik untuk bisnis lokal, umumnya berbasis jasa (service based). Contoh: tukang listrik, tukang ac atau salon. Google akan melakukan screening untuk local service, dimana seseorang dari Google akan melakukan konfirmasi bila sebuah bisnis adalah sah.
- Google Maps Ads, juga untuk local bisnis, namun dapat berupa produk based. Contohnya: restoran, coffeshop atau toko komputer.
- Call ads, hanya untuk pengguna smartphone, iklan ini cukup populer karena semakin banyaknya pengguna smartphone dibandingkan PC. Call ads memungkin pengguna untuk langsung menelpon bisnis tersebut.
Untuk beberapa tipe Google Ads, terdapat beberapa option yang disebut ad extension. Ad extension berguna untuk menambah informasi dari sebuah bisnis, seperti link website tambahan, nomer telepon atau alamat.
Berikut beberapa ad extension yang perlu diketahui:
- Sitelink extensions, menambahkan link website tambahan. Extension ini tampil pada text ads.
- Call extensions, memungkinkan sebuah bisnis dihubungi melalui telpon.
- Location extension, memungkin pengguna untuk mencair lokasi bisnis dan menampilkannya dalam Google Maps.
- Price extension, khusus untuk bisnis e-commerce. Akan menampilkan producst dan harga. Ketika pengguna mengclick iklan akan dibawa ke halaman product yang bersangkutan.
- Structured snippets extension, memberikan highlight untuk aspek tertentu pada produk atau jasa Anda. Contoh menambahkan service, brands, fasilitas atau tipe.
Selain tradisional search engine, sebagai marketer Anda juga mempertimbangkan penggunaan YouTube search. Karena cukup banyak pengguna yang mencari solusi melalui YouTube. Jadi mungkin Anda perlu menampilkan iklan disini.
Keuntungan menggunakan platform YouTube adalah mencapai calon customer, karena umumnya mereka adalah pengguna tahap consideration pada marketing funnel.
Contoh, dealer mobil bisa membuat iklan disini ketika pengguna menonton video review mobil.