Berikut langkah-langkah untuk membuat Google Ad Campaign.
Tentukan Campaign Goal
Goal adalah apa yang ingin Anda capai melalui ad. Ada 7 campaign objectives yang dapat dipilih:
- Sales: mendorong penjualan online, melalui aplikasi, telepon atau in store.
- Leads : membawa leads dan conversions lainnya dengan mendorong customers untuk mengambil aksi.
- Website traffic: mendorong pengguna untuk mengunjungi website Anda.
- Product and brand consideration: mendorong pengguna untuk mengeksplor products atau services Anda.
- Brand awareness and reach: mencapai audiens yang luas untuk membangun awareness.
- App promotion: meningkatkan instalasi app atau mempromosikan mobile app Anda.
- Local store visits and promotions: mendorong customers untuk mengunjungi toko fisik

Memilih tipe campaign
Opsi yang dapat dipilih:
- Search
- Performance Max
- Display
- Shopping
- Video
- Discovery

Mengatur budget
Setelah campaign dipilih, langkah berikutnya adalah mengatur budget. Untuk informasi mengatur budget silakan kunjungi Google Ads Help Center.

Memilih bidding strategy
Silakan lihat modul sebelumnya tentang Strategi Bid Google Ads.
Memilih Targeting
Targeting berguna untuk mendefinisikan seberapa sempit atau luas target audiens Anda. Target categories yang digunakan:
- Locations
- Languages
- Audience segments

Membuat Ad
Untuk membuat ad, masukan informasi untuk menentukan bagaimana iklan akan tampil online, informasi yang diperlukan adalah:
- Descriptions
- Final URL
- Display path
- Headlines
- Extensions
Pastikan untuk menggunakan minimal satu keywords pada headlines, dan buat headlines yang relevan dengan keywords yang Anda targetkan.
Selain itu, gunakan ad strength indicator sebagai panduan keefektifan iklan Anda. Ad strength memberi feedback untuk membantu Anda berfokus dalam memberikan pesan yang tepat kepada pelanggan.

Finalisasi ad
Setelah siap, finalisasi iklan dengan menambahkan final URL dan display path. Gunakan preview window untuk melihat bagaimana iklan akan ditampilkan saat online.

Sampai disini Anda sudah mempelajari cara membuat Google Ads. Untuk resource lainnya silakan kunjungi Create effective search ads, dokumentasi yang disediakan Google.
Mengatur conversions
Langkah terakhir ini penting, untuk mengukur apakah ad in iberhasil atau tidak. Anda harus mengetahui apakah calon customers berhasil dikonversi menjadi paying customers.
Conversion tracking berguna untuk melacak aksi yang diharapkan dari customer saat didalam website Anda. Dengan melacak data ini, Anda dapat mempelajari efektifitas iklan, targeting dan campaign secara keseluruhan
Salah satu cara untuk melakukan tracking adalah menggunakan Google Analytics. Anda perlu menghubungkan Google Analytics dengan Google Ads account.
Kita akan pelajari mengenai Google Analytics pada modul terpisah.