Untuk mengubah tampilan pada scratch, digunakan Looks Block. Melalui Looks Block kita bisa mengubah backdrops, costumes, colors dan banyak lagi.
Costumes
Costumes adalah istilah yang digunakan scratch untuk mengubah tampilan dari karakter, dalam hal ini animasi.
Click sprite, dalam hal ini adalah kucing. Scratch akan menampilkan Tab Costume.

Setiap sprite memiliki satu atau lebih costume. Setiap costume adalah image yang berbeda. Contoh dari sprite cat, memiliki dua costume dengan nama cat-a dan cat-b.
Dengan mengatur costume tertentu pada sprite, kita dapat mengubah tampilan sprite pada stage. Atau sederhananya, dengan mengatur costume, kita bisa membuat sprite (karakter kucing diatas) melakukan animasi jalan.
Dengan sprite masih aktif dipilih, perhatikan juga bagian Tab Code, pada Looks Block.
Scratch otomatis membuatkan block code yang relevan dengan object sprite dan costume. Kita tinggal menggunakan block code tersebut pada code editor.
- Block switch costume to nama_costume, berguna untuk mengganti costume berdasarkan nama costume.
- Block next costume, berguna untuk assign costume berikutnya pada sprite.

Backdrops
Sama seperti costume, kita juga bisa mengganti backdrop menggunakan block code.
Pilih backdrops pada panel stage (pojok kanan bawah). Code block untuk backdrops akan otomatis ditampilkan.
- Block switch backdrop to nama_backdrops, berguna untuk mengganti backdrops berdasarkan nama backdrop.
- Block switch backdrop to nama_backdrops and wait akan berpasangan dengan Events block when backdrops switch to nama_backdrops. Block switch backdrop to nama_backdrops and wait akan mengganti backdrop lalu menunggu block when backdrops switch to nama_backdrops selesai dijalankan, lalu berpindah ke block selanjutnya jika ada.
- Block next backdrop berguna untuk mengganti ke next backdrop.

Size
Ukuran sprite umumnya sama, tentu tidak masuk akal bukan? Gajah tentu harus lebih besar dari kucing.
Kita dapat mengubah ukuran sprite menggunakan code block.
- Block change size by nilai_size, mengatur ukuran sprite berdasarkan angka yang kita input pada text input.
- Block set size to nilai_size %, mengatur ukuran sprite berdasarkan persentase.
Perhatian, jika diisi angka nol, maka sprite akan hilang. Jika diisi angka terlalu besar, maka kita tida bisa mengenali sprite tersebut. Maksimum ukuran sprite adalah sekitar 2 kali ukuran stage.
Tips, untuk mengembalikan sprite ke ukuran normal gunakan block set size to 100 %.

Anda bisa melihat ukuran sprite pada bagian panel sprite. Contoh, kondisi awal, size adalah 100, Ubah angka pada block change size by menjadi 50, kemudian tekan block tersebut, perhatikan sprite size akan berubah menjadi 150.
Perubahan ini akan tersimpan, jadi saat project dibuka kembali, ukuran sprite akan mengikuti ukuran sprite terakhir.

Show dan Hide
Seperti tertera pada namanya, block show dan hide berguna untuk menampilkan dan menyembunyikan sprite.
Contoh penggunaanya, misalnya saat game dimulai, sprite belum perlu ditampilkan, maka dapat digunakan block hide. Kemudian, setelah game berjalan, sprite akan ditampilkan, gunakan block show.
Say and Think
Block ini berguna untuk menambah interaktif dari sprite sehingga game atau animasi yang dibuat lebih menarik.
Seperti tertera pada namanya, say berarti berbicara, dimana garis penghubung balon berupa garis tegas. Sementara think adalah berpikir, dimana garis penghubung balon akan berbentuk gelembung.

- block say kalimat_yang_diucapkan for waktu seconds
- block say kalimat_yang_diucapkan
- block think kalimat_yang_diucapkan for waktu seconds
- block think kalimat_yang_diucapkan
Block say __ for __ seconds akan menampilkan kalimat dalam sekian detik lalu hilang. Sementara block say __ tanpa seconds, kata akan terus tampil. Demikian juga dengan block think.