Setelah mendapatkan calon pelanggan yang sadar akan brand Anda, tahap selanjutnya adalah membangun consideration. Pada tahap ini, Anda membangun minat terhadap produk atau layanan Anda. Status pelanggan saat ini adalah siap untuk mempelajari lebih lanjut.
Perhatian, strategi yang dibahas pada modul sebelumnya masih berlaku pada tahap ini. Misalnya, pemasaran media sosial membantu membangun pertimbangan. Bedanya adalah tipe strategi pemasaran yang diterapkan. Misalnya, konten untuk fase consideration mungkin lebih mendalam dan persuasif, seperti studi kasus. Demikian juga dengan penargetan iklan kemungkinan akan menjadi berbeda juga. Pengunjung sebelumnya akan menjadi sasaran.
Berikut adalah beberapa strategi dan taktik pemasaran untuk membangun consideration.
Unique Selling Proposition (USP), menjelaskan mengapa suatu produk atau layanan lebih baik dibandingkan dengan kompetitor. Setelah calon pelanggan sadar akan brand Anda, pastikan bahwa USP jelas dan sering diulang.
Testimonial adalah saat pelanggan membagikan pengalaman mereka dengan produk atau layanan. Kesaksian yang dibuat dengan baik dapat membangun kepercayaan pada calon pelanggan. Testimonial dapat berupa teks, audio, atau video.
Studi kasus, mirip dengan testimonial namun biasanya lebih mendalam. Lebih sering dalam format tertulis. Bisnis dengan proyek yang berlangsung selama beberapa bulan dapat menggunakan studi kasus untuk menjelaskan perkembangannya.
Iklan pemasaran ulang adalah iklan dikirimkan ke pembeli, pelanggan, atau pengunjung sebelumnya. Jenis iklan ini umum dalam e-commerce. Mungkin Anda pernah mengalaminya, misalnya,Anda melihat sepatu di website dan kemudian melihat iklan sepatu tersebut di web atau aplikasi lain yang Anda kunjungi.
Webinar adalah presentasi, biasanya lebih ke arah pendidikan, dan disediakan secara online. Webinar adalah cara yang bagus untuk mengedukasi calon pelanggan dan mempromosikan produk atau layanan Anda. Satu tantangan dari webinar adalah mengajak orang untuk hadir. Anda ingin memastikan Anda
memberikan sesuatu yang menarik dan bernilai bagi pelanggan Anda.
Pemasaran email adalah mengirim email promosi atau pendidikan ke daftar email. Ketika calon pelanggan sadar akan brand dan mendaftar untuk mempelajari lebih lanjut produk atau jasa yang ditawarkan. Ada banyak kegunaan daftar email. Salah satu strategi untuk membangun consideration adalah mengirimkan email pendidikan tentang produk atau layanan. Mengirimkan email berisi testimoni juga cocok untuk calon pelanggan.
Pemasaran media sosial, pada tahap pertimbangan, calon pelanggan sudah menjadi pengikut akun. Posting ke pengikut secara konsisten dengan konten yang bervariasi untuk membangun minat mereka terhadap merek.