Membuat Google Knowledge Panel

Pengenalan Google Knowledge Panel

Google Knowledge Panel adalah fitur pada SERP yang menampilkan informasi entitas tertentu seperti brand, bisnis, tempat, organisasi pada box panel terpisah.

Knowledge panels di generate secara otomatis, informasi yang ditampilkan berasal dari berbagai sumber di internet.

Berikut contoh Google knowledge panel menampilkan informasi Microsoft.

Google Knowledge Panel

Dapat dilihat dari contoh diatas, menampilkan informasi penting mengenai organisasi microsoft seperti:

  • Official website link
  • Site logo
  • Brand industry
  • Brand description
  • Social profile links

Panel ini mempermudah pengguna untuk mendapatkan informasi mengenai sebuah brand official site.

Membuat Google Knowledge Panel

Berikut langkah untuk membuat brand business details untuk Google knowledge panel.

Step 1: Buat Google Business Profile

Untuk pemilik bisnis yang menjalakan lokal bisnis konvesional (memiliki tempat), seperti coffe shop atau retail, langkah pertama adalah membuat Google Business Profile.

Google Business Profile adalah tool gratis bagi pemilik lokal bisnis untuk menampilkan informasi mereka di Google Search dan Google Maps. Informasi yang dapat diatur adalah jam operasional, products dan services, apakah menerima order secara online, dan banyak lagi. Anda dapat membuat business profile langsung melalui Google Maps atau Google Search .

Step 2: verifikasi kepemilikan website

Melakukan verifikasi kepemilikan website melalui Google’s Search Console . Search Console adalah tool untuk membantu webmaster, memberikan informasi performa website, berguna untuk mengoptimalkan website visibility.

Proses verifikasi penting, untuk memastikan Anda pemilik website.

Step 3: Update Info Google knowledge panel

sign in ke Gmail account yang terhubung dengan entitas yang akan ditampilkan, lalu update Google knowlege panel information.

Bila Google search sudah penah Google knowledge pane bisnis Anda secara otomatis, update yang dilakukan pada proses ini akan menimpa algoritme terdahulu.

Step 4: Menambahkan structured data untuk rich results

Seperti yang sudah dibahas pada modul sebelumnya, Rich results adalah hasil search yang memberikan informasi dan fitur lebih. Sebagai digital marketer, kita dapat mengambil keuntungan dari fitur ini.

Silakan pelajari lebih lanjut mengenai structured data di Google Developer Structure Data Markup.

Setelah menambahkan structured data, silakan check menggunakan tool Google’s Rich Results Test page.

Step 5: Tambahkan metoda customer support

Menambahkan informasi customer support penting agar pelanggan dapat mencapai Anda untuk menyelesaikan pain point mereka.

Sharing is caring: