Mungkin Anda pernah melihat search result yang menampilkan informasi yang berbeda dari lainnya?
Seperti bintang rating, atau informasi harga, atau resep atau spesifikasi hardware.
Hasil yang berbeda ini disebut rich result, dimana Google menampilkan hasil pencarian dengan extra visual atau fitur yang interaktif.
Agar bisa ditampilkan sebagai rich result, anda perlu menambahkan markup struktur data pada halaman web. Ini berupa kode yang mendeskripsikan informasi yang dapat dibaca oleh Google.
Structured data markup adalah cara untuk menyediakan informasi tambahan yang dapat dibaca oleh mesin (program)
Search engine menggunakan structured data untuk menampilkan informasi yang berguna pada hasil search. Ini dapat menarik perhatian customer tertentu.
Sebagai contoh, pada website online store, digunakan structured data untuk fitur produk seperti harga dan customer review.
Contoh lainnya adalah markup untuk informasi organisasi, contoh lokasi, jam operasional, events, videos, resep dan logo.
Perhatian: menambahkan structured data tidak menjadi jaminan akan ditampilkan sebagai rich content oleh Google Search.
Type code yang digunakan untuk strukture data adalah Schema. Tergantung dari platform yang digunakan, umumnya terdapat third party software yang berguna untuk membuat structure data tanpa perlu memahami code schema.
Jika Anda bekerja pada perusahaan besar, mungkin sudah ada team developer yang dapat membantu membuat code tersebut. Coba komunikasikan dengan team tersebut untuk membantu Anda, karena hal ini bersifat teknis, pada dasarnya bukan bidang dari digital marketer.
Setelah structure data ditambahkan pada webpage, Anda perlu melakukan testing untuk memastikan berjalan dengan baik dengan menggunakan Google Search Test Tool .
Hal yang perlu diperhatikan adalah, jangan menggunakan data palsu pada structure data markup. Misalnya menambahkan review palsu atau markup yang tidak relevan dengan konten.
Berikut beberapa contoh rich result yang populer:
- Produk, dapat menampilkan harga, stock dan review ratings.
- Review snippet, dapat menampilkan rating dan nilai dari ratings. Dapat digunakan untuk buku, resep, film, produk, software atau lokal bisnis.
- Article, umumnya untuk website yang mempublish informasi berdasarkan waktu.
- Video, informasi yang ditampilan berupa opsi untuk menjalankan video, segment video dan livestream content.
.