Aspek penting lainnya dari SEO adalah memiliki struktur website yang terorganisir dengan baik.
Anda perlu merancang struktur dan navigasi website agar pengguna mudah dalam melakukan browsing dan tidak hilang arah.
Bisnis kecil mungkin cukup memiliki 10 halaman, cukup mudah untuk mengatur struktur website. Namun, tidak untuk bisnis e-commerce, dengan ribuan produk, organisasi struktur website bisa menjadi rumit.
Secara umum, situs yang baik memiliki struktur yang bersifat hierarkis. Misalnya situng ecommerce umumnya mengatur produk ke dalam hierarki kategori dan subkategori.
Misalnya situs menjual komputer, mungkin akan membagi produk kedalam kategori, PC, Laptop, Tab.
Sementara untuk navigasi, praktik yang disarankan adalah sebuah halaman web hanya boleh 3-4 click dari homepage.
Dari perspektif teknis, Google crawler harus tidak memiliki masalah berpindah dari halaman ke halaman dalam memahami aliran situs. Dari perspektif pengguna, halaman web seharusnya mudah digunakan dan pengguna tidak tersesat.
Berikut beberapa alasan mengapa penting untuk merencanakan struktur situs web
- Mempermudah search egine crawler. Ingat, cara utama crawler menemukan laman web baru atau yang diperbarui melalui tautan dari halaman lain. Jika Anda membuat halaman dan tidak memiliki tautan ke sana, crawler akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menemukannya. Ada cara lain crawler menemukan halaman web, yaitu melalui sitemap, sangat penting untuk website yang besar
- Untuk konsistensi dan struktur URL yang dapat dibaca. URL adalah alamat suatu halaman web. Memiliki URL yang jelas adalah praktik yang baik. Pengunjung bisa terintimidasi oleh URL terenkripsi yang sangat panjang dan memiliki sedikit kata-kata yang dapat dikenali. Selain itu, URL dapat ditampilkan dalam SERP di dekat judul dokumen. Ada kemungkinan calon pelanggan akan membaca URL dahulu sebelum memutuskan untuk mengklik hasil pencarian.
- Pengalaman pengguna yang lebih baik. Jika pengguna mengalami masalah dalam navigasi situs web, kemungkinan mereka akan pergi. Ini meningkatkan bounce rate. Bounce rate adalah persentase pengunjung yang masuk kesatu halaman lalu meninggalkan situs. Tingkat bouncing yang tinggi berarti pengguna yang datang ke situs Anda cenderung pergi tanpa terjadi konversi menjadi pelanggan.
Beriut beberapa tips yang perlu diperhatikan saat membuat website struktur dan navigasi.
- Menggunakan protokol https. Sangat disarankan untuk menggunakan https, karena melindungi integritas dan kerahasiaan data antara pengguna dan situs.
- Membuat halaman navigasi untuk pengguna. Halaman navigasi adalah halaman sederhana untuk menampilkan struktur website. Biasanya berupa daftar hirarkis dari semua halaman sebuah site. Pengguna dapat mengunjungi halaman tersebut saat kesulitan menemukan halaman di situs. Sementara search engine juga dapat menggunakan halaman navigasi ini, walaupun ditujukan untuk pengguna manusia.
- Membuat halaman 404 yang bermanfaat. Halaman 404 adalah halaman yang memberi tahu pengguna bahwa halaman web tidak ada. Kadang-kadang, pengguna akan sampai kehalaman ini karena URL yang rusak (pemilik site melakukan perubahan link, namun link yang lama sudah tersebar di internet) atau mengetik URL yang salah. Membuat 404 khusus yang ramah dapat memandu kembali pengguna kehalaman utama website. Pertimbangkan untuk menambahkan tautan ke populer konten dari website Anda.
- Membuat navigasi Ramah Crawler. Untuk membantu crawler menemukan semua halaman di situs, pastikan halaman tersebut dapat dijangkau dengan mengikuti link melalui navigasi. Misalnya website e-commerce, halaman kategori produk harus dengan halaman subkategori baru ke halaman produk.