YouTube dapat dikatakan video sharing platform dengan jumlah upload dan pemirsa yang besar. Dan kabar baiknya, YouTube menawarkan kesempatan untuk menjangkau audiens di seluruh dunia melalui YouTube Ads.
Display ads vs TrueView video ads
Terdapat dua tipe ads di YouTube, Display Ads dan TrueView Ads.
Display ads
Seperti yang sudah kita pelajari, Display ads adalah iklan format visual yang ditampilkan pada website atau aplikasi. Display ads adalah static ads yang dibuat melalui Google Ads menggunakan Display Campaigns. Display ads menggunakan Google Display Network, yaitu kumpulan websites, videos dan apps dimana iklan akan ditampilkan.
Di YouTube, iklan ini akan tampil disamping streaming video.

TrueView Video Ads
TrueView ads adalah iklan video. Disebut TrueView karena pengiklan membayar jika seseorang menonton iklan video tersebut. Video ini juga dikelola dalam Google Ads, namun pengiklan harus mengupload videos tersebut ke YouTube channel, sebelum membuat campaign.
Format yang tersedia untuk TrueView Ads
Skippable video ads, penonton dapat melewati iklan setealh 5 detik.

Non-skippable video ads, penonton harus menonton iklan sebelum video yang ingin mereka tonton. Panjang iklan berkisar 15020 detik, tergantung standar regional. Subcategory dari non-skippable ads adalah bumper ads, yang berjalan hanya 6 detik.

Overlay image atau text ads, tampil dibawah video, sekitar 20% dari video. Iklan ini hanya dapat dilihat pada komputer, tidak pada mobile devices.

In-display ads, sering juga disebut TrueView Discovery Ads, tampil pada YouTube search result untuk video query. Iklan akan menampilkan video thumbnail, title dan description. Mirip dengan search ads, bedanya digunakan video, bukan webpage links. Jika ditonton oleh pengguna, video dapat ditonton penuh, tidak tergantung video lainnya.

Kelebihan YouTube Ads
Iklan YouTube relatif murah, YouTube ads menyediakan model pay-per-view atau pay-per-click. Jadi pengiklan tidak perlu membayar, sampai tindakan tertentu dilakukan.
Secara rata-rata, biaya iklan antara 0.1 – 0.3 USD per action. Biaya pastinya tergantung faktor seperti waktu tayang, audience targeting dan campaign objective.
Jumlah Audience YouTube luas, Menggunakan YouTube, pengiklan memiliki kesempatan untuk mencapai berbagai audience yang mencari informasi dari brand atau topik yang terkait dengan produk. Pemilik brand dapat melakukan targeting menggunakan topik tertentu, keyword atau demographics.
Video brand juga dapat tampil pada feed video yang disarankan dari video lainnya. Ini berarti iklan Anda dapat tampil pada video yang populer yang dilihat oleh relevant audience.
Iklan YouTube Efektif, Dengan jumlah audience yang besar, terdapat kesempatan penonton berinteraksi dengan brand Anda. Orang yang melihat iklan lebih dari 10 kali, ada kemungkinan untuk terhubung dengan brand yang memiliki iklan tersebut. Sangat baik untuk brand awareness dan mendorong penjualan.
Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi Cara upload TrueView Video Ad Campaign
Dengan berakhirnya modul ini, Course Digital Marketing dan e-commerce Professional – Engage Customer telah selesai.
Kita akan bahas pada course selanjutnya mengenai Social Media Marketing.