Setelah anda memahami marketing funnel yang dibahas pada course dasar, kita akan membahas lebih mendalam tentang awareness yaitu, funnel pertama.
Pada tahap ini, calon pelanggan bisa saja belum mengenal tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Mungkin juga mereka memiliki paint point yang perlu diselesaikan. Atau mungkin mereka pernah berinteraksi dengan merek tanpa secara khusus menelusuri produk atau layanan Anda, seperti
melalui iklan Facebook atau Instagram.
Tahap kesadaran adalah saat pelanggan potensial pertama kali menyadari produk atau layanan.
Berikut adalah beberapa strategi dan taktik untuk membangun awareness.
Search engine optimization (SEO), adalah proses meningkatkan ranking website agar ketika pengguna melakukan pencarian menggunakan search engine seperti Google atau Bing, website kita dapat tampil lebih atas dibanding website pesaing.
Search Engine Marketing (SEM), adalah cara meningkatkan visibilitas website di search engine melalui iklan berbayar. SEM akan menampilkan link ke wesbsite dibagian atas search result.
Display ads adalah iklan berbayar berbabasi foto, video, atau teks. Anda tentu sering menjumpai iklan pada website dan aplikasi. Kita dapat membangun awareness dengan memasang iklan di website yang sering dikunjungi calon pelanggan Anda.
Sosial Media Marketing, melakukan posting di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, atau LinkedIn. Biasanya, ini tanpa biaya.
Cara membangun awareness di social media tergantung model media sosial tersebut. Salah satu strategi umum adalah memiliki pengikut yang akan membagikan posting milik merek kepada pengikut mereka. Ketika ini terjadi, orang baru akan diperkenalkan ke merek Anda.
Iklan media sosial serupa dengan pemasaran media sosial, namun berbayar. Jenis iklannya pun beragam
tergantung platformnya.
Dengan menggunakan iklan media sosial, iklan akan ditampilkan diluar pengikut Anda. Disini kita dapat menargetkan calon pelanggan baru .
Video Marketing, hadir dalam berbagai bentuk, yang umum dilakukan adalah iklan YouTube yang diputar sebelum video, ditengah atau diakhir video. Disini juga Anda dapat menargetkan calon pelanggan berdasarkan video apa yang mereka tonton sebelumnya.
Pemasaran influencer adalah bermitra dengan seseorang atau merek yang memiliki banyak pengikut. Mereka akan mempromosikan produk atau layanan Anda kepada pengikut mereka.
Ada beberapa jenis pemasaran influencer. Yang umum untuk membangun awareness adalah ulasan.
Misalnya, sebuah merek dapat membayar seorang influencer untuk mencoba produk atau layanan. Influencer kemudian merinci pengalaman mereka. Ulasan itu bisa berupa video atau foto atau format teks.
Ingat, saat melakukan pemasaran influencer, pastikan influencer Anda mengungkapkan hubungan antara pemiliki brand dan influencer.
Content Marketing adalah teknik pemasaran yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berharga. Contoh dari ini adalah e-book. Atau bisa juga web pendidikan.
Pemasaran konten berhubungan dengan SEO atau SEM, tapi ingat, membuat konten yang berharga adalah langkah pertama pemasaran konten. Selanjutnya adalah bagaimana agar konten tersebut sampai ke calon pelanggan.