Dalam tahap loyalty pelanggan akan melakukan pembelian ulang dan pendukung merek.
Idealnya, mereka menjadi suara bagi brand. Dimana mereka dapat berbicara tentang betapa hebatnya produk ke keluarga dan teman atau membuat posting media sosial dan berbagi pengalaman dengan teman-teman mereka.
Berikut beberapa strategi pasca pembelian untuk meningkat loyalitas
Reward Program
Beri insentif kepada pelanggan untuk terus kembali. Tentu Anda pernah mengalami reward program ini seperti yang dilakukan Starbucks atau McDonald’s.
Untuk mengelola reward program, banyak sistem Point of Sales (POS), sudah menyediakan sistem reward program pada aplikasi mereka.
Pemasaran email
Melalui email marketing membantu pelanggan tetap terhubung dengan merk Anda. Pastikan membuat email yang menyediakan nilai bagi pelanggan. Jika tidak, mereka dapat berhenti berlangganan.
Untuk membangun loyalitas, pertimbangkan untuk mendidik pelanggan Anda atau memberi tahu
brand story.
Social Shares
Adalah ketika pelanggan membagikan produk atau layanan Anda kepada pengikut mereka di media sosial.
Pertama, penting untuk mendorong pelanggan untuk mengikuti akun sosial media dari bisnis Anda. Akun sosial media aka Anda harus memuat konten yang membuat pelanggan ingin membagikannya pada pengikut mereka.
Remarketing Customers
Pertimbangkan pemasaran ulang dengan iklan baru. Kita dapat menggunakan iklan pemasaran ulang untuk melibatkan kembali pelanggan.
Setelah Anda mengetahui pelanggan membeli suatu produk, Anda dapat merekomendasikan produk lain atau tambahan untuk produk saat ini. Contohnya adalah saat Anda membuka suatu produk di web amazon, pada bagian bawah dapat dilihat rekomendasi yang menyatakan, pembeli yang membeli produk tersebut, juga membeli produk lainnya.
Mendorong untuk meninggalkan ulasan positif
Jika pelanggan memiliki pengalaman positif, dorong mereka untuk menulis tentang pengalaman mereka.
Ulasan tersebut bisa online, seperti di akun sosial media, atau melalui email.
Ulasan positif ini bisa diposting sebagai konten di website milik bisnis, di halaman media sosial, atau melalui pemasaran email.
Program diskon pada hari penting
Contohnya adalah diskon pada hari ulang tahun pelanggan Anda. Atau bisa juga memberikan diskon pada hari jadi yang pertama mereka menjadi pelanggan.
Produk Gratis (freebies)
Adalah cara untuk mengingatkan pelanggan tentang sebuah brand. Freebies dapat berupa stiker, magnet kulkas, t-shirt, atau sesuatu terkait dengan bisnis. Seperti, misalnya, saya membeli biji kopi di cofeeshop x, saya menerima gratis saringan kopi.
Pesan Konfirmasi yang menarik
Ketika pelanggan membeli produk, mereka sering menerima email atau teks konfirmasi. Umumnya pesan-pesan tersesbut formal, standar dan transaksional.
Anda bisa membuat pesan konfirmasi yang senada dengan brand Anda. Hal ini dapat membuat pelanggan senang menerimanya.