Strategi Tahap Loyalty untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan – Contoh Kasus

Masih menggunakan contoh perusaahan fiktif Cupmaju, berikut beberapa strategi yang digunakan untuk membangun loyalitas di antara para pelanggannya:

Social Shares

Social shares adalah ketika seseorang membagikan konten brand kepada pengikut sosial media mereka. Saat ini, Cupmaju tidak memiliki banyak pembagian konten dari pengikutnya.

Cupmaju saat ini memfokuskan konten Instagram dengan tema gaya hidup. Dengan perubahan tipe konten, Mereka percaya ini membuat pelanggan lebih cenderung membagikan konten mereka.

Selain peningkatan konten media sosial, Cupmaju juga memutuskan untuk memberikan hadiah kepada pelanggan yang membagikan pembelian terbaru mereka di media sosial. Setiap bulan cupmaju akan memilih satu pelanggan yang menandai akun Instagram mereka di sebuah postingan untuk menerima hadiah.

Mendorong ulasan

Ulasan menunjukkan kepuasan pelanggan. Ulasan positif yang mendetail meyakinkan calon pelanggan untuk melakukan pembelian.

Ketika seseorang meluangkan waktu untuk menulis tentang mengapa mereka puas, pengulas mengembangkan perasaan positif tentang produk dan membangun loyalitas merek.

Saat ini, Cupmaju menampilkan ulasan di halaman produk mereka. Namun, hal ini tidak mendorong pelanggan untuk menulis ulasan produk.

Untuk menerima lebih banyak ulasan produk, diputuskan untuk mengirim email tindak lanjut kepada pelanggan, untuk mendorong mereka menulis ulasan setelah produk diterima.

Freebies

Freebies adalah item gratis yang diterima pelanggan. Sebelumnya, Cupmaju tidak menggunakan freebies.

Kini, bersama dengan produk yang dibeli, cupmaju mengirimkan magnet hiasan kulkas yang dapat mengingatkan pelanggan akan brand mereka.

Remarket customer dengan produk lain

Selain biji kopi, Cupmaju menjual produk lain seperti mesin kopi, kopi grinder dan alat seduh kopi. Mereka ingin mengiklankan produk ini ke pelanggan sebelumnya.

Perhatian iklan remarketing adalah iklan yang dikirimkan ke pembeli, pelanggan, atau pengunjung situs web sebelumnya.

Berdasarkan apa yang dibeli pelanggan sebelumnya, Cupmaju memutuskan untuk menayangkan iklan yang merekomendasikan produk yang tidak dibeli pelanggan.

Misalnya, untuk pelanggan membeli biji kopi, mungkin menerima iklan seperti grinder atau alat seduh kopi.

Sharing is caring:

Leave a Comment