Struktur Search Engine Result Pages (SERP)

Pada modul ini kita akan lebih mendalami dari SERP atau halaman hasil pencarian dari Google.

SERP akan ditampilkan setiap kali pengguna melakukan permintaan pencarian.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa ada berbagai jenis fitur SERP berdasarkan apa yang dicari. Misalnya, jika pencarian adalah tentang produk, mungkin terstruktur dengan belanja atau produk. Atau jika pencariannya terkait berita dan waktu, maka mungkin terstruktur dengan artikel berita.

Sebagai marketer, praktik terbaik adalah melakukan Google search untuk produk atau layanan Anda berdasarkan brand dan beberapa kata terkait. Kemudian analisis hasilnya. Seperti, bagaimana penempatannya dalam SERP?

SERP memiliki area daftar pencarian dan area iklan. Biasanya, iklan berbayar tampil di bagian atas SERP. Setelah iklan berbayar baru daftar pencarian. Anda mungkin juga menemukan Iklan Google di akhir halaman pencarian.

Ada beberapa fitur umum SERP yang perlu diketahui yaitu:

Featured Snippet adalah kotak khusus yang menampilkan informasi pilihan algoritme. Ini adalah fitur tidak berbayar. Pemasar digital atau analis e-commerce dapat menandai laman web sebagai cuplikan fitur.

Nantinya Sistem Google akan menentukan apakah sebuah halaman akan menjadi cuplikan unggulan yang bagus yang sesuai dengan query dari pengguna.

Rich Result, memberikan informasi spesifik tentang sebuah situs web. Informasi ini membantu website menampilkan fitur tambahan dalam hasil pencarian. Contohnya adalah untuk
halaman web berbasis produk. Tambahan informasi yang dapat ditampilkan adalah seperti ulasan, peringkat, harga, dan ketersediaannya.

Images, mungkin muncul saat sistem Google menentukan konten visual tersebut berharga untuk pencarian. Images dapat muncul di apapun dalam SERP. Images adalah fitur tidak berbayar.

Videos, Sama dengan gambar.

Local Result, saat mencari bisnis lokal, Anda mungkin mendapatkan beberapa fitur berbasis lokal dalam SERP. Fitur yang paling menonjol adalah peta dan daftar bisnis Lokal.

Selain itu, jika seseorang mencari nama bisnis, profil bisnisnya kemungkinan akan muncul sebagai panel di sebelah kanan SERP, terpisah dari hasil pencarian tidak berbayar.

Fitur-fitur ini mungkin bisa berubah, karena Google cukup dinamis dalam melakukan perubahan.

Sharing is caring: