Iklan yang efektif akan tampil lebih atas pada SERP dan mengenerate lebih banyak click dan conversions, dan, kadangkala biaya per click-nya bisa lebih rendah dari saingan Anda.
Berikut beberapa tips untuk membuat efektif ad
Buat message berfokus pada kebutuhan dan customer benefit.
Iklan yang berfokus pada kebuthan customer mengindikasikan value bagi customer. Mereka akan lebih merespon iklan yang penting bagi mereka.
Pikirkan apa yang pencari inginkan dari iklan Anda.
Apakah realibitas dan terpercaya? Anda dapat menggunakan kalimat seperti “official website”.
Apakah mereka ingin pilihan yang luas dari produk? Mungkin Anda bisa gunakan kalimat “lihat inventori kami”.
Ini waktu yang tepat untuk menggunakan customer persona. Review tujuan dari persona dan pertimbangkan untuk digunakan pada iklan.
Menggunakan minimal satu keyword pada ad group headlines.
Ingat, headline adalah link yang dapat diclick yang berada dibagian atas iklan. Dibawah headline adalah deskripsi, Google secara otomatis membuat kombinasi antara headline dan description, jadi pastikan kombinasi tersebut tepat dan enak dibaca.
Keyword adalah hal yang dipikirkan oleh calon customer Anda. Jika headline iklan mengandung keyword tersebut, maka iklan akan terhubung dengan yang dicari pengguna, dan kemungkinan besar iklan tersebut akan diclick.
Hindari bahasa penjualan yang generik.
Kalimat seperti “hubungi kami sekarang” terasa seperti desakan yang palsu. Selalu perhatikan keuntungan bagi pengguna. Jika tidak ada untungnya bagi pengguna, kenapa harus menghubungi sekarang?
Kalimat generic untuk melakukan action seperti diatas malah lebih sering menurunkan tingkat engagement terhadap iklan.
Daripada menggunakan bahasa generic, gunakan yang lebih spesifik dan relatable.
Misalnya, Anda akan akan menulis copy untuk perusahaan agen property. Daripada menulis “book now”, mungkin kalimat “book your dream vacation rental” akan lebih menjual. Karena lebih spesifik dan relate terhadap calon customer inginkan.
Implementasikan semua ad extensions yang sesuai.
Ad extension menyediakan informasi tambahan tentang sebuah bisnis. Didesain agar iklan lebih menarik dan menonjol dengan menampilkan informasi yang berguna.
Extension seperti location, call atau app install meningkatkan experience bagi pengguna smartphone.
Penggunaan ad extension salah cara mudah untuk membedakan iklan Anda dari kompetitor.
Anda dapat menggunakan lebih dari satu extension, jadi gunakan semua yang relefan dengan bisnis Anda. Jika memungkinkan, minimal gunakan 4 extensions.
Google Ads menentukan kombinasi ekstensi terbaik berdasarkan auction-by-auction.
Optimize landing page.
Iklan dan landing page bekerja sama untuk memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna.
Bandingkan kata kunci dengan copy di landing page dan pengalaman penggunanya secara keseluruhan.
Pada landing page tidak harus menggunakan keyword yang sama persis, yang penting harus relevan.
Pertimbangkan juga seperti seberapa penting landing page bagi pengguna yang mengclick iklan? Apakah page teroganisir dengan baik? Apakah text terhubung dengan search term. Apakah landing page jelas arahnya.
Anda juga harus memastikan landing page realible. Dapat ditampilkan dengan cepat. Karena page yang lambat dibuka kemungkinan besar akan ditinggalkan oleh pengguna. Hal ini akan mengindikasikan pada Google bahwa iklan dan page tersebut bukan opsi terbaik.