Link adalah alat untuk membantu pengunjung mencapai halaman informasi yang mereka butuhkan disebua website. Link juga penting untuk mengoptimalkan konten untuk SEO.
Pengantar Web Link
Terdapat dua jenis web link: link di website tersebut, dan link yang mengarah website tersebut.
Tautan di website dapat berupa:
- Link internal: menunjuk ke halaman lain dalam site tersebut
- Link eksternal: mengarah ke konten di situs lain.
Contoh tautan internal, misalnya, pada halaman web tentang pengenalan data science, dapat mengarahkan pengunjung ke halaman pada wesbite tentang pemograman Python, karena data science umum menggunakan bahasa python.
Contoh tautan eksternal adalah, pada halaman pemogramana Python, terdapat link ke website official Python untuk mengunduh Python installer.
Eksternal links juga sering disebut sebagai outbound links.
Sementara link yang mengarah ke website dari situs lain disebut backlinks, sering disebut inbound links.
Praktik terbaik untuk tautan internal dan eksternal
Gunakan anchor teks yang sesuai
Anchor text adalah teks yang terlihat dalam hyperlink. Pada Contoh dibawah, anchor teks adalah Tutorial Digital Marketing dan E-Commerce Dasar, sementara linknya adalah https://skillplus.web.id/digital-marketing-dan-e-commerce-professional-dasar/
Tutorial Digital Marketing dan E-Commerce Dasar
Anchor text jangkar yang baik membantu pengunjung menavigasi situs dan membantu Google memahami halaman yang Anda tautkan.
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menentukan Anchor text:
- Deskriptif: Gunakan anchor text yang memberikan ide dasar tentang halaman yang ditautkan.
- Hindari menggunakan teks umum seperti “halaman”, “artikel”, atau “klik di sini”.
- Dalam kebanyakan kasus, hindari penggunaan URL itu sendiri sebagai anchor text.
- Ringkas: gunakan beberapa kata atau frasa singkat .
- Mudah dikenali: Gunakan format agar tautan menonjol dari teks biasa. Tautan yang menonjol mencegah pengguna tidak sengaja mengklik atau jika mereka memang ingin mengklik mereka tahu dimana link tersebut.
- Bermanfaat: Gunakan anchor text dengan tujuan membantu pengunjung menavigasi situs Anda untuk menemukan informasi yang relevan dengan topik pada halaman saat ini.
- Hindari keyword stuffing
Berhati-hatilah menggunakan eksternal links
Membuat link website lain dapat bermanfaat, namun pastikan situs tersebut bereputasi baik dan menyertakan informasi yang relevan dengan halaman yang memuat eksternal tersebut.
Beberapa pengguna akan mencoba memanfaatkan eksternal link untuk keuntungan website mereka sendiri. Misalnya, menambahkan tautan ke situs mereka di bagian komentar. Atau, perangkat lunak pihak ketiga yang ditambahkan ke situs, yang mungkin menyertakan tautan eksternal yang tidak diinginkan.
Dalam kasus ini, dapat menggunakan nofollow link, yaitu fitur HTML yang memberi tahu search engine untuk mengabaikan link tersebut. Jadi search engine tidak akan mengaitkannya dengan website Anda.
Jika situs Anda menyertakan komentar, sebaiknya gunakan tautan nofollow secara otomatis untuk semua komentar dan pesan yang ditambahkan oleh pengguna. Cara ini lebih cepat dan efisien daripada menghapus eksternal link secara manual.
Mempromosikan situs web Anda
Salah satu cara Google menentukan peringkat website adalah dengan menganalisis situs yang memiliki tautan terhadap website tersebut. Baik kualitas dan kuantitas tautan diperhitungkan dalam peringkat situs.
Membuat konten berkualitas yang ingin ditautkan oleh orang lain adalah cara terbaik untuk mempromosikan situs web.
Cara untuk mempromosikan situs web Anda
- Publikasikan posting blog tentang konten baru atau layanan baru.
- Bagikan konten berkualitas di media sosial.
- Tampilkan artikel bermanfaat, seperti panduan pembelian, dalam pemasaran email Anda.
- Terhubung dengan komunitas online yang terkait dengan situs Anda, seperti forum, grup media sosial, atau situs web terkait.
- Hanya bagikan konten yang akan menarik minat pengguna Anda, jangan berbagi untuk setiap pembaruan konten situs Anda.
Paid Links
Google memperingatkan agar tidak menggunakan jasa paid links kecuali untuk tujuan periklanan dan diberi label dengan benar. Membeli dan menjual tautan untuk memanipulasi hasil pencarian bukanlah praktik yang baik dan dapat berdampak negatif pada peringkat situs.
Paid link juga dapat menyebabkan backlink yang berkualitas rendah karena datang dari situs dengan reputasi yang dipertanyakan.